Promo Selama Mei 2015: Order 5 Arduino UNO Stater Kit - 10% OFF!


Struktur Dasar Sketch

Telah saya jelaskan pada tulisan sebelumnya bahwa untuk memprogram Board Arduino dapat digunakan software Arduino. Kode-kode pemrograman yang kita tulis dengan software itu disebut juga Sketch.


Sebuah Sketch memiliki struktur dasar sebagai berikut:


void adalah perintah untuk memanggil suatu fungsi. Untuk menyusun Sketch diperlukan dua fungsi pokok, yaitu setup() dan loop().

Fungsi setup() diperlukan untuk melakukan pengaturan-pengaturan awal seperti menetapkan mode pin, mendeklarasikan variabel, pemakaian library dan sebagainya. Fungsi ini hanya akan dikesekusi sekali saja, yaitu pada awal Board Arduino dihidupkan (on).

Fungsi loop() berisi pernyataan-pernyataan atau perintah-perintah yang akan dieksekusi secara berulang-ulang selama Board Arduino dalam keadaan beroperasi (on). Didalam fungsi inilah kendali itu berada.

LED Built-in

Board Arduino UNO dilengkapi dengan sebuah LED yang terpasang didalamnya. Ini disebut juga LED built-in. LED tersebut tersambung/terpasang dengan pin digital 13. Kita bisa memanfaatkan LED built-in ini untuk latihan membuat kode pemrograman (sketch) sederhana.

Beberapa Perintah Pemrograman

pinMode

Perintah ini digunakan untuk menetapkan mode sebuah pin digital, sebagai titik masukan (input) ataukah sebagai titik keluaran (output). Kita menetapkan mode sebuah pin ini didalam fungsi setup(). Contoh:

pinMode(13,OUTPUT);

Contoh diatas menunjukkan pengaturan mode pin 13 sebagai titik keluaran (titik output).

digitalWrite

Perintah ini digunakan untuk menulis kondisi logic sebuah pin digital, HIGH ataukah LOW. Perhatikan contoh berikut:

digitalWrite(13,HIGH);

Contoh diatas menunjukkan bahwa pin 13 diatur dalam kondisi HIGH. Untuk mengatur pin 13 dalam kondisi LOW, perintahnya ditulis seperti ini:

digitalWrite(13,LOW);

Jika sebuah pin digital berada dalam kondisi HIGH, maka pin itu akan mengeluarkan tegangan atau sinyal sebesar 5 volt. Sebaliknya, jika berada dalam kondisi LOW, maka tegangan pada pin itu sebesar 0 volt.

delay

Perintah ini digunakan untuk menunda eksekusi program beberapa saat sesuai dengan lamanya waktu yang ditentukan (dalam satuan milidetik). Ketika batas waktu sudah terlampaui maka eksekusi program akan dilanjutkan ke baris berikutnya.

digitalWrite(13,HIGH);
delay(500);
digitalWrite(13,LOW);
delay(500);

contoh diatas menunjukkan begitu pin 13 berada dalam kondisi HIGH maka eksekusi program akan ditunda sejenak selama 500 milidetik. Hal ini berarti pin 13 akan berada dalam kondisi HIGH selama 500 milidetik. Setelah itu pin 13 akan diubah kondisinya menjadi LOW.

Contoh Sketch


Anda bisa mencoba sketch diatas dan melihat hasil yang ditunjukkan oleh LED built-in.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di cepurobotics

0 komentar:

Posting Komentar