Promo Selama Mei 2015: Order 5 Arduino UNO Stater Kit - 10% OFF!


Software Arduino

Board Arduino hadir bersama software yang dapat dipakai untuk melakukan pemrograman.terhadap Board tersebut. Tampilan dari software ini terbilang sederhana dan sangat mudah dipahami. Setelah melakukan instalasi ke komputer anda bisa menjalankannya. Tampilannya sebagai berikut:


Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memakai software ini lebih lanjut.

Memilih Board yang Sesuai

Hendaknya disesuaikan antara jenis Board Arduino yang dipakai dengan setelan Board yang ada pada software. Defaultnya adalah Arduino UNO. Anda bisa membuka sub-menu Board dari menu Tools, dan kemudian memilih salah satu Board Arduino sesuai dengan jenis yang anda pakai.


Memilih Serial Port yang Aktif

Meskipun Board Arduino dihubungkan ke komputer melalui port USB, namun komputer akan mendeteksinya secara otomatis pada port Serial. Jadi, sebenarnya Board Arduino dan komputer berkomunikasi melalui port Serial ini.


Jangan lupa hubungkan terlebih dahulu Board Arduino ke komputer sebelum memeriksa Serial Port. Kemudian anda bisa memilih sub-menu Serial Port dari menu Tools.

Preferensi

Jika diperlukan anda dapat melakukan sedikit perubahan terhadap preferensi software. Bukalah sub-menu Preferences dari menu File.


Sebagai contoh, dalam keadaan default baris-baris kode pemrograman ditampilkan tanpa nomor baris. Anda bisa menampilkannya guna mempermudah dalam penyusunan kode pemrograman.

Ikon-Ikon Penyuntingan

Guna mempercepat pekerjaan penyusunan program, tersedia ikon-ikon penyuntingan.


Berikut kegunaan dari ikon-ikon tersebut.
  1. Newuntuk membuat kode program baru
  2. Openmembuka file kode program yang sudah ada
  3. Save, menyimpan file kode program
  4. Verifymelakukan verifikasi terhadap kode program yang telah disusun. Jika terjadi suatu kesalahan, maka petunjuk akan diberikan di bagian bawah
  5. Upload, mengunggah kode program kedalam Board Arduino
    Software Arduino akan menyimpan file berisi kode program kedalam sebuah folder tersendiri.

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di cepurobotics

    0 komentar:

    Posting Komentar