Promo Selama Mei 2015: Order 5 Arduino UNO Stater Kit - 10% OFF!


Elemen Pokok sebuah Robot

Jika diperhatikan secara teliti, sebuah robot tersusun dari unsur-unsur mekanik, elektronik dan program.

Unsur Mekanik

Terdiri dari rangka mekanik atau chassis, yang didalamnya dilengkapi dengan komponen penggerak (motor).


Gambar diatas menunjukkan contoh sebuah mekanik tangan robot. Tenaga penggeraknya adalah berupa motor servo. Gambaran sederhananya begini, ibarat kita manusia unsur mekaniknya adalah kerangka tubuh dan otot-ototnya.

Unsur Elektronik

Unsur ini memberikan catudaya ke bagian penggerak (motor) serta membentuk kendali. Unsur elektronik ini biasanya berupa rangkaian pengendali-mikro (microcontroller) yang dapat diprogram.

Unsur Program

Unsur inilah yang menjadikan robot tampak "hidup", karena Ia bisa mengenali lingkungan melalui sensor-sensor yang terpasang dan memberikan tanggapan. Program yang menjadikannya demikian. Tak heran jika unsur pemrograman pada robot akan membentuk suatu kecerdasan buatan.

Bahasa pemrograman yang digunakan bisa bermacam-macam, bergantung kepada jenis microcontroller yang dipakai. Saat ini terdapat banyak jenis microcontroller yang dipakai orang dalam mengembangkan sebuah robot. Setiap microcontroller itu boleh jadi berbeda antara satu dengan lainnya. Itulah sebabnya bahasa pemrograman yang dipakai mungkin juga beragam.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di cepurobotics

0 komentar:

Posting Komentar