Promo Selama Mei 2015: Order 5 Arduino UNO Stater Kit - 10% OFF!


Robot dan Robotika

Robot dan Robotika, dua kata yang nyaris sama namun memiliki perbedaan. Kita bahas yang pertama dulu. Robot dapat diartikan sebagai suatu alat mekanik yang mampu melaksanakan tugas-tugas fisik, baik dengan pengawasan serta kendali manusia, maupun memakai program yang telah didefinisikan terlebih dahulu.

Dari mana istilah robot berasal?

Konon, istilah ini berasal dari bahasa Cheko yakni "robota" yang artinya "pekerja yang tak kenal lelah". Sebuah robot umumnya diciptakan untuk menggantikan manusia, khususnya dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan berat.

Berikut definisi robot yang diambil dari beberapa sumber.
  • Sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia (menurut kamus Webster).
  • Sebuah mesin yang mampu melaksanakan serangkaian tugas rumis secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer (menurut kamus Oxford)
  • Sebuah manipulator multifungsi yang bisa diprogram, derancang untuk memindahkan material, komponen, alat atau benda khusus lainnya melalui serangkaian gerakan terprogram guna melaksanakan berbagai tugas (menurut Robot Institute of America).
  • Sebuah manipulator yang terkendali, multifungsi, dan bisa diprogram untuk bergerak dalam tiga aksis atau lebih, yang tetap berada ditempat atau bergerak untuk digunakan dalam aplikasi otomasi industri (menurut ISO).

Robotika itu Ilmu Tentang Robot

Sekarang mengenai Robotika. Ini bisa dikatakan sebagai ilmu yang mempelajari tentang robot. Atau lebih tepatnya robotika merupakan cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan dan aplikasi dari robot.

Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian robot lebih mengacu kepada bendanya, sedangkan robotika mengacu kepada ilmunya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di cepurobotics

1 komentar:

  1. terimakasih untuk artikelnya, tetapi kurang detail. hehe sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan mengenai robot. oh ya saya ingin merekomendasikan sebuah komunitas robot yang dapat diakses. yang dapat meambah pengetahuan, serta informasi mengenai dunia robot link terkait http://robotika.blog.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus