Promo Selama Mei 2015: Order 5 Arduino UNO Stater Kit - 10% OFF!


Mengenal Microcontroller

Microcontroller sebagai unsur elektronik didalam sebuah robot merupakan papan rangkaian (board) dengan komponen pokok sebuah chip microcontroller. Chip ini merupakan kemasan lengkap yang didalamnya sudah mengandung unit pemroses (processor), memori dan antarmuka input/output.

Chip Microcontroller dan Board Microcontroller

Chip Microcontroller

Telah saya sebutkan diatas bahwa didalam sebuah board microcontroller terdapat komponen pokok berupa sebuah chip microcontroller. Berikut contoh chip microcontroller:


Contoh diatas adalah chip microcontroller jenis Atmega 16PU buatan perusahaan Atmel. Chip microcontroller membutuhkan beberapa komponen pendukung supaya dapat beroperasi sebagai pengendali mikro seperti kristal, resistor, kapasitor dsb.

Board Microcontroller

Board microcontroller merupakan papan rangkaian microcontroller yang sudah siap pakai. Komponen pokoknya adalah berupa chip microcontroller. berikut ini contoh board microcontroller Arduino UNO yang menggunakan chip Atmega 238:


Sekarang menjadi jelas bahwa chip microcontroller adalah komponen intinya, sedangkan board microcontroller adalah papan rangkaiannya.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di cepurobotics

0 komentar:

Posting Komentar