Promo Selama Mei 2015: Order 5 Arduino UNO Stater Kit - 10% OFF!


Arduino UNO Original, Kompatibel dan Clone

Harga yang beragam di pasaran mungkin akan membuat bingung para pemula yang baru pertama kali akan membeli board Arduino UNO. Apa sebenarnya yang membedakan harga tersebut?

Perlu diketahui bahwa board Arduino UNO yang asli adalah buatan Italia (diproduksi oleh Arduino), dengan harga sekitar 20 Euro atau mendekati 300 ribu rupiah, yang bisa anda beli di http://store.arduino.cc.

Ciri Fisik Original dan Kompatibel

Anda bisa perhatikan ciri fisik tampak depan dari produk tersebut sebagai berikut:


Sedangkan tampak belakangnya seperti terlihat berikut:


Jika tidak menunjukkan ciri-ciri diatas, maka sudah bisa dipastikan bahwa itu adalah bukan produk board Arduino UNO R3 original alias produk kompatibel atau clone. Dengan mencermati gambar diatas anda bisa membedakan manakah produk original dan produk compatibel dari Arduino UNO R3.

Jadi, Saya Harus Beli yang Original?

Semua berpulang kepada anggaran yang tersedia. Jika anda memiliki anggaran yang mencukupi untuk membeli yang original, silahkan pilih yang original. Akan tetapi jika anggaran terbatas, beli saja produk kompatibelnya. Atau bahkan jika anggaran anda sangat terbatas, maka terpaksa pilihan harus dijatuhkan pada board Arduino UNO clone.

Adakah Perbedaannya dari Segi Kinerja?

Antara produk original dengan kompatibel memiliki spesifikasi yang nyaris sama. Sampai sejauh ini saya hampir tidak merasakan perbedaan kinerja ketika memakai board Arduino UNO oroginal dan kompatibelnya.

Bagaimana Mengenai Arduino UNO Clone?

Ini jenis dengan harga paling murah. Hanya saja perbedaannya dengan yang original maupun kompatibel adalah produk ini memakai downloader CH340, sehingga laptop/komputer harus diinstalasi driver CH340 terlebih dahulu supaya mengenali board tersebut.


Pilihan bergantung kepada anda!

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di cepurobotics

7 komentar:

  1. terimakasih banyak infonya sangat membantu

    BalasHapus
  2. Terima Kasih sudah berbagi pengetahuan gan, sangat bermanfaat. untuk aan-agan pecinta microcontroler seperti arduino, raspberry dll bisa cek harga di bali-electro.com harga sangat terjangkau gan :)

    BalasHapus
  3. Gan buka toko dimna saya tinggal disekitaran singaraja gan,mau cari arduino ori

    BalasHapus
  4. Kalo mau beli arduino dgn harga super murah bisa cek di www.tokopedia.com/jogjaelektronika

    Bisa COD daerah Jogja dan sekitarnya..

    BalasHapus